RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD 1.1
Madrasah :
MTsN Prembun
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Aspek :
Mendengarkan
Standar Kompetensi : 1. Memahami
wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan
berita
Kompetensi dasar : 1.1 Menyimpulkan isi berita
yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Alokasi waktu :
2 x 40 menit
1. Tujuan Pembelajaran
a.
Peserta didik dapat menunjukkan pokok-pokok berita yang
didengarkan dengan baik dan benar.
b.
Peserta didik dapat menyimpulkan isi berita dalam satu
alinea dengan baik dan benar.
c.
Mengembangkan perilaku siswa yang mencerminkan keseriusan, tanggung jawab, komunikatif,
teliti, kejujuran, dan kepedulian.
2. Indikator
a.
Mampu
menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan
b. Mampu
menyimpulkan isi berita dalam satu alinea
c. Menunjukkan perilaku serius,
tanggung jawab, komunikatif, teliti, jujur, dan
peduli.
3. Materi Pembelajaran
Penyimpulan Isi Berita
Kita tentu sering mendengarkan berita baik di
radio, maupun televisi. Ketika mendengarkan berita tersebut, mampukah kita
memahami isi atau menyimpulkan isi berita tersebut?
Kita dikatakan mampu memahami isi
berita jika mampu menjawab pertanyaan- pertanyaan tentang berita itu, juga
mampu menuliskan pokok-pokok berita. Jika hal tersebut telah dilakukan, kita
akan mampu menyimpulkan isi berita yang didengarkan.
Oleh karena
itu, ketika mendengarkan berita, haruslah berkosentrasi agar dapat memahami isi
berita.
Pokok suatu berita atau ide pokok suatu
berita merupakan inti pembicaraan suatu berita. Untuk menemukan pokok-pokok
berita yang didengarkan, kita bisa menerapkan konsep 5W+1H. Dari jawaban itulah
kita dapat menulis pokok-pokok berita yang didengarkan. Misalnya, apa judul
berita tersebut? Di mana peristiwa tersebut terjadi? Kapan peristiwa tersebut
terjadi? Siapa yang mengalami peristiwa tersebut? Mengapa peristiwa tersebut
terjadi? Berdasar pada pokok-pokok berita itulah kita akan dapat membuat
simpulan isi berita.
4. Metode, Pendekatan, dan Model Pembelajaran
Metode
Pembelajaran : Penugasan dan Tanya jawab
Pendekatan Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Model Pembelajaran : Cooperatif Scrip
5. Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
a.
Menyampaikan salam
b.
Pengecekan kehadiran peserta didik
c.
Mengulas sekilas pelajaran sebelumnya
d.
Menyampaikan materi yang akan diberikan
e.
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Peserta didik menyimak berita yang ditampilkan
oleh guru di LCD. (Keseriusan)
Peserta didik diminta untuk saling
berpasangan. ( Tanggung jawab)
Peserta didik menetapkan siapa yang pertama
berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar. (Tanggung
jawab)
Elaborasi
Peserta didik
yang berperan sebagai pembicara membacakan ide-ide pokok dan simpulan berita yang didengarkan. (Komunikatif)
Peserta didik
yang berperan sebagai pendengar menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok dan
simpulan berita yang kurang lengkap sekaligus
membantu mengingat/menghafal
ide-ide pokok dengan menghubungkan materi berita yang disimak. (Teliti)
Bertukar peran,
semula peserta didik yang berperan sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar
dan sebaliknya melakukan hal yang sama seperti yang telah dilakukan sebelumnya.
(Komunikatif)
Konfirmasi
Guru memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan terhadap keberhasilan
peserta didik. (Kejujuran)
Guru memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik. (Teliti)
Guru bersama-sama
peserta didik menemukan pokok-pokok berita dan menyimpulkan isi berita.
(Teliti)
Guru memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan.
Guru memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar: (Tanggung jawab dan Kepedulian)
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan
agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Sumber
Belajar
a.
Atikah Anindyarini, dkk. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs
Kelas 7. (Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas, 2008). Halaman 30.
b.
Romiyatun,dkk.
Bahasa Indonesia Jendela Ilmu Pengetahuan Kelas 7 SMP/MTs. (Jakarta:
Pusat Perbukuan
Depdiknas, 2008). Halaman 1.
c.
Sutarmo,dkk. Bahasa Indonesia Bahasa Kebanggaanku.
(Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas, 2008). Halaman 2.
7. Penilaian
a. Teknik Penilaian : Tes tertulis
b. Bentuk Penilaian : Uraian
c. Kisi-kisi Soal :
SK
|
KD
|
Materi Pokok
|
Jumlah Soal
|
Indikator
|
Nomor Soal
|
Bentuk Soal
|
Bobot Soal
|
1
|
1.1
|
Penyim-pulan berita
|
3
|
a. Menentukan pokok-pokok
berita
b. Menentukan isi/sari
berita yang didengarkan
c. Menyimpul kan isi berita
|
1
2
3
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
Sulit
Sulit
Sulit
|
d. Soal
/Instrumen :
No
|
Butir Soal
|
Skor
maksimal
|
1.
2.
3.
|
Tulislah minimal 5 pokok berita yang
terdapat dalam teks berita yang dibacakan !
Tulislah isi/sari berita yang
didengarkan!
Tulislah
simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea!
|
5
5
5
|
Jumlah
|
15
|
Pedoman Penilaian
Nomor
Soal
|
Kegiatan
|
Skor
|
1.
|
Peserta didik dapat menyebutkan pokok-
pokok berita dengan baik dan benar
Peserta didik dapat menyebutkan
pokok-pokok berita , tetapi kurang baik dan benar
Peserta didik dapat menyebutkan
pokok-pokok berita, tetapi salah
Peserta didik tidak menjawab
|
5
3
1
0
|
2.
|
Peserta didik dapat menyebutkan isi
berita dengan baik dan benar
Peserta didik dapat menyebutkan isi
berita, tetapi kurang baik dan benar
Peserta didik dapat menyebutkan isi
berita, tetapi salah
Peserta didik tidak menjawab
|
5
3
1
0
|
3.
|
Peserta didik dapat menyimpulkan isi
berita dengan baik dan benar
Peserta didik dapat menyimpulkan isi
berita, tetapi kurang baik dan benar
Peserta didik dapat menyimpulkan isi
berita, tetapi salah
Peserta didik tidak menjawab
|
5
3
1
0
|
Skor Maksimal
|
15
|
Penghitungan nilai akhir dalam skala 0
s.d. 100
Perolehan
skor
Nilai
akhir = x
100
Skor maksimal (15)
LEMBAR
PENILAIAN PENGAMATAN
PROSES
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VII
Hari, Tanggal : ....
NO.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
|
|
Kerja sama
|
Keaktifan
|
||
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
6.
|
|||
7.
|
|||
8.
|
|||
9.
|
|||
10.
|
|||
11.
|
|||
12.
|
|||
13.
|
|||
14.
|
|||
15.
|
|||
dst.
|
Keterangan
:
Tinggi/A :
Jika peserta didik melaksanakan aspek penilaian.
Sedang/B :
Jika peserta didik kadang-kadang melaksanakan aspek penilaian.
Rendah/C :
Jika peserta didik tidak melaksanakan aspek penilaian.
TABEL PENILAIAN
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas : VII
Hari, Tanggal : ….
No.
|
Nama
Peserta
Didik
|
Karakter
|
Ket.
|
|||||
Serius
|
Tanggung
Jawab
|
Komunikatif
|
Teliti
|
Jujur
|
Peduli
|
|||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
dst.
|
Keterangan :
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik
belum memperlihatkan tanda-tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah
mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator tetapi belum konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik
sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator
dan mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila peserta didik terus
menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten).
Mengetahui,
|
Prembun, 16 Juli 2012
|
||||||
Kepala Madrasah,
|
Guru Mata Pelajaran,
|
||||||
Drs. Moh.
Iskandar
|
Yakino, S.Pd.
|
||||||
NIP
195908101982031006
|
NIP 197403152005011001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar