Jumat, 12 Oktober 2012

LKS Bahasa Indonesia


BAB 1                     Tema: Peristiwa

Kompetensi Dasar :
a.  Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang
     disampaikan dalam wawancara
b.  Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh, keunggulan, dan
     alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
c.  Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai dengan isi puisi
d.  Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami

A.  Menyimpulkan Isi Wawancara yang Disampaikan Narasumber

                     Indikator :
v Mampu mendata pikiran, pendapat, dan gagasan yang dikemukakan
        narasumber
v Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber

Rangkuman Materi
             Wawancara adalah kegiatan pengumpulan data dengan cara melakukan tanya  jawab dengan narasumber. Dalam tanya jawab tersebut narasumber tentulah menyampaikan pikiran, pendapat, dan gagasannya. Nah, pada pertemuan kali ini kalian akan belajar menyimpulkan (menemukan inti) pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber dalam wawancara.

Perhatikanlah teks wawancara berikut ini!

Pewawancara  :     Tampaknya fisik Anda sangat bugar.    Bagaimana Anda menjaga kesehatan agar tetap bugar dan bisa tampil prima?
Faradilla          :     Saya menerapkan pola hidup yang teratur. Saya bekerja, makan, istirahat, dan berolahraga secara teratur.
                              Pewawancara  :     Anda membuat jadwal secara ketat untuk aktivitas sehari-hari?
Faradilla          :    Ya. Saya menyadari hal itu sebagai sesuatu yang penting, agar tubuh kita tidak sering kaget oleh ketidakteraturan aktivitas.

                           
                           Lembar Kerja Siswa
                                            1
                                            
Jawablah soal-soal berikut ini dengan baik dan benar!
1.  Apakah yang ditanyakan pewawancara pada narasumber?
     Jawab : ………………………………………………………………...............
                  ………………………………………………………………...............
   
2.  Bagaimana cara narasumber menjaga kesehatan agar tetap bugar dan tampil
     prima?
     Jawab : ………………………………………………………………...............
                  ………………………………………………………………...............   

3.   Apakah Faradilla membuat jadwal secara ketat untuk aktivitas sehari-hari?
     Jawab : ………………………………………………………………...............
                  ………………………………………………………………...............   

4.  Mengapa hal itu dilakukan oleh Faradilla?
     Jawab : ………………………………………………………………...............
                  ………………………………………………………………...............   

5.  Tulislah simpulan isi wawancara tersebut!
     Jawab : ………………………………………………………………...............
                  ………………………………………………………………...............

  
B.  Menceritakan Tokoh Idola

                     Indikator :
v  Menemukan identitas tokoh, keunggulan tokoh, dan mengemukakan alasan mengapa mengidolakan tokoh tersebut
v  Menceritakan  tokoh dengan berpedoman pada kelengkapan identitas tokoh, keunggulan dan alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai.

Rangkuman Materi
Pada kegiatan pembelajaran kali ini kalian akan belajar untuk menceritakan tokoh idola kalian. Punya tokoh idola, khan? Nah, untuk menceritakan tokoh idola ada tiga yang harus kalian sampaikan tentang idolamu, yaitu identitas tokoh, keunggulan tokoh, dan alasan kalian mengidolakan sang tokoh.
                          
                           Lembar Kerja Siswa
                                            2
                                              
Jawablah soal-soal berikut ini dengan baik dan benar!
1.  Identifikasikan identitas tokoh idolamu, keunggulan tokoh idolamu, dan alasan kalian mengidolakan sang tokoh!
      Jawab :
     a. Identitas Tokoh  
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

b.  Keunggulan Tokoh
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....

c.  Alasan Mengidolakan
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2. Buatlah teks   yang menceritakan   tokoh   idola kalian  yang   berisi   identitas tokoh, keunggulan tokoh, dan alasan mengidolakan dengan kalimat yang komunikatif, lalu ceritakan tokoh idola kalian di depan kelas kepada teman-teman kalian!
    Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

C.  Membaca Indah Puisi

                     Indikator :
v Menemukan isi puisi
v Menandai penjedaan dalam puisi yang akan dibacakan
v Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, dan kinestik sesuai dengan isi puisi

Rangkuman Materi
       Mungkin sebagian dari kalian ada yang sudah pernah membacakan puisi. Bahkan, tidak menutup kemungkinan di antara kalian sudah ada yang pernah ikut lomba baca puisi. Menang atau kalah tidak masalah, yang utama adalah mendapat pengalaman. Setuju kan? Nah, untuk membacakan puisi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu: 1) Memahami isi puisi, 2) Menandai penjedahan,                      3) Membacakan puisi.


                           
                           Lembar Kerja Siswa
                                            3
      
Bacalah puisi berikut ini dengan saksama lalu
1.  temukan isinya,
2.  berilah tanda jeda dan bacalah puisi tersebut di depan kelas dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, dan kinestik sesuai dengan isi puisi!

           Puisi untuk Ayah (Alm.)

Aku tak mampu mengantar kepergianmu
Langit mendung turut berduka
Orang-orang riuh rendah bercerita
Tentang segala amal kebaikanmu

Aku datang kepadamu, ayah
Semilir di bawah kamboja dan nisanmu
Aku menangis dan berdoa
Mengenang segala salah dan dosaku kepadamu

Kepergianmu seketika mendewasakan aku
Mengajarkan aku betapa penting arti hidup
Untuk menjadi berguna bagi sesama

Kepergianmu mengajarku
Bagaimana harus mencintai dan menyayangi
Bagaimana harus tulus berkorban dan bersabar
Bagaimana harus berjuang demi anak-anaknya
Hingga saat terakhir hayatmu
Engkau terus berdoa demi kebahagiaan anak-anakmu

Hari ini aku menemuimu, ayah
Lewat sebait puisi untuk mengenangmu
Bila datang saatnya nanti
Kan kuceritakan segala kebesaran dan keagunganmu
Bersama embun fajar kemarau ku sertakan doa
Semoga engkau mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya
Ayah,
Aku merindukanmu

Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

       
D.  Menulis Puisi Berdasarkan Peristiwa yang Dialami

                     Indikator :
v  Menentukan peristiwa yang paling berkesan yang pernah dialami
v  Menulis puisi berdasarkan peristiwa yang dialami

 Rangkuman Materi
       Pernah kalian mengalami kejadian yang mengesankan, bukan? Ternyata kejadian mengesankan yang pernah kalian alami, dapat kalian jadikan puisi yang indah. Coba kalian ingat kembali peristiwamu yang mengesankan, data diksi yang sesuai, lalu susun menjadi untaian puitis dan rangkailah kalimat-kalimat tersebut menjadi puisi. Nah, itulah langkah-langkah menulis puisi berdasarkan peristiwa yang pernah dialami.

                          
                           Lembar Kerja Siswa
                                            4
      
Jawablah soal-soal berikut ini dengan baik dan benar!
a.  Tulislah pengalamanmu yang mengesankan!

     Jawab :
     Pengalamanku yang Mengesankan  
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

b.  Tulislah puisi berdasarkan pengalamanmu yang mengesankan!

     Jawab:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
    

1 komentar:

  1. 888 Casino NY (New York) - MapyRO
    Address. 3131 인천광역 출장샵 Stateline Road, New York, NY 13117, USA. 용인 출장안마 Phone. (212) 383-7877. 출장샵 Toll 전라북도 출장샵 Free. (1) 317-5000. Website. http://888casino.com/. 전라북도 출장안마

    BalasHapus