BAB 1 Tema: Peristiwa
Kompetensi Dasar :
a. Menyimpulkan
pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang
disampaikan dalam wawancara
b. Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan
identitas tokoh, keunggulan, dan
alasan mengidolakannya dengan pilihan kata
yang sesuai
c. Membaca indah puisi dengan
menggunakan irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai dengan isi puisi
d. Menulis kreatif puisi berkenaan dengan
peristiwa yang pernah dialami
A. Menyimpulkan Isi Wawancara yang Disampaikan
Narasumber
Indikator :
v Mampu mendata
pikiran, pendapat, dan gagasan yang dikemukakan
narasumber
v Mampu menyimpulkan
pikiran, pendapat, dan gagasan narasumber
Rangkuman Materi
Wawancara adalah kegiatan
pengumpulan data dengan cara melakukan tanya
jawab dengan narasumber. Dalam tanya jawab tersebut narasumber tentulah
menyampaikan pikiran, pendapat, dan gagasannya. Nah, pada pertemuan kali ini kalian
akan belajar menyimpulkan (menemukan inti) pikiran, pendapat, dan gagasan
narasumber dalam wawancara.
Perhatikanlah
teks wawancara berikut ini!
Pewawancara :
Tampaknya fisik Anda sangat bugar.
Bagaimana Anda menjaga kesehatan agar tetap bugar dan bisa tampil prima?
Faradilla :
Saya menerapkan pola hidup yang teratur. Saya bekerja, makan, istirahat,
dan berolahraga secara teratur.
Pewawancara :
Anda membuat jadwal secara ketat untuk aktivitas sehari-hari?
Faradilla :
Ya. Saya menyadari hal itu sebagai sesuatu yang penting, agar tubuh kita
tidak sering kaget oleh ketidakteraturan aktivitas.
Lembar Kerja Siswa
1
Jawablah soal-soal berikut ini dengan baik dan benar!
1. Apakah yang ditanyakan
pewawancara pada narasumber?
Jawab :
………………………………………………………………...............
………………………………………………………………...............
2. Bagaimana cara narasumber
menjaga kesehatan agar tetap bugar dan tampil
prima?
Jawab :
………………………………………………………………...............
………………………………………………………………...............
3. Apakah Faradilla membuat jadwal
secara ketat untuk aktivitas sehari-hari?
Jawab :
………………………………………………………………...............
………………………………………………………………...............
4. Mengapa hal itu dilakukan oleh Faradilla?
Jawab :
………………………………………………………………...............
………………………………………………………………...............
5. Tulislah simpulan isi wawancara tersebut!
Jawab :
………………………………………………………………...............
………………………………………………………………...............
B. Menceritakan Tokoh Idola
Indikator :
v Menemukan
identitas tokoh, keunggulan tokoh, dan mengemukakan alasan mengapa mengidolakan
tokoh tersebut
v Menceritakan tokoh dengan berpedoman pada kelengkapan
identitas tokoh, keunggulan dan alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang
sesuai.
Rangkuman Materi
Pada kegiatan pembelajaran kali ini kalian akan belajar untuk
menceritakan tokoh idola kalian. Punya tokoh idola, khan? Nah, untuk
menceritakan tokoh idola ada tiga yang harus kalian sampaikan tentang idolamu,
yaitu identitas tokoh, keunggulan tokoh, dan alasan kalian mengidolakan sang
tokoh.
Lembar Kerja Siswa
2
Jawablah soal-soal berikut ini dengan baik dan benar!
1. Identifikasikan
identitas tokoh idolamu, keunggulan tokoh idolamu, dan alasan kalian
mengidolakan sang tokoh!
Jawab :
a. Identitas Tokoh
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
b. Keunggulan
Tokoh
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....
c. Alasan
Mengidolakan
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Buatlah teks yang menceritakan tokoh idola
kalian yang berisi
identitas tokoh, keunggulan tokoh, dan alasan mengidolakan dengan
kalimat yang komunikatif, lalu ceritakan tokoh idola kalian di depan kelas
kepada teman-teman kalian!
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
C. Membaca Indah Puisi
Indikator :
v Menemukan isi puisi
v Menandai penjedaan dalam puisi yang akan dibacakan
v Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, dan kinestik
sesuai dengan isi puisi
Rangkuman Materi
Mungkin sebagian dari kalian
ada yang sudah pernah membacakan puisi. Bahkan, tidak menutup kemungkinan di
antara kalian sudah ada yang pernah ikut lomba baca puisi. Menang atau kalah
tidak masalah, yang utama adalah mendapat pengalaman. Setuju kan? Nah, untuk
membacakan puisi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu: 1) Memahami
isi puisi, 2) Menandai penjedahan, 3) Membacakan puisi.
Lembar Kerja Siswa
3
Bacalah puisi berikut ini dengan saksama lalu
1. temukan isinya,
2. berilah tanda jeda dan
bacalah puisi tersebut di depan kelas dengan menggunakan irama, volume
suara, mimik, dan kinestik sesuai dengan isi puisi!
Puisi
untuk Ayah (Alm.)
Aku tak mampu mengantar
kepergianmu
Langit mendung turut berduka
Orang-orang riuh rendah bercerita
Tentang segala amal kebaikanmu
Langit mendung turut berduka
Orang-orang riuh rendah bercerita
Tentang segala amal kebaikanmu
Aku datang kepadamu, ayah
Semilir di bawah kamboja dan nisanmu
Aku menangis dan berdoa
Mengenang segala salah dan dosaku kepadamu
Semilir di bawah kamboja dan nisanmu
Aku menangis dan berdoa
Mengenang segala salah dan dosaku kepadamu
Kepergianmu seketika mendewasakan
aku
Mengajarkan aku betapa penting arti hidup
Untuk menjadi berguna bagi sesama
Mengajarkan aku betapa penting arti hidup
Untuk menjadi berguna bagi sesama
Kepergianmu mengajarku
Bagaimana harus mencintai dan menyayangi
Bagaimana harus tulus berkorban dan bersabar
Bagaimana harus berjuang demi anak-anaknya
Hingga saat terakhir hayatmu
Engkau terus berdoa demi kebahagiaan anak-anakmu
Bagaimana harus mencintai dan menyayangi
Bagaimana harus tulus berkorban dan bersabar
Bagaimana harus berjuang demi anak-anaknya
Hingga saat terakhir hayatmu
Engkau terus berdoa demi kebahagiaan anak-anakmu
Hari ini aku menemuimu, ayah
Lewat sebait puisi untuk mengenangmu
Bila datang saatnya nanti
Kan kuceritakan segala kebesaran dan keagunganmu
Bersama embun fajar kemarau ku sertakan doa
Semoga engkau mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya
Lewat sebait puisi untuk mengenangmu
Bila datang saatnya nanti
Kan kuceritakan segala kebesaran dan keagunganmu
Bersama embun fajar kemarau ku sertakan doa
Semoga engkau mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya
Ayah,
Aku merindukanmu
Aku merindukanmu
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
D. Menulis Puisi Berdasarkan Peristiwa yang
Dialami
Indikator :
v Menentukan peristiwa yang paling berkesan yang pernah dialami
v Menulis puisi berdasarkan peristiwa yang dialami
Rangkuman Materi
Pernah kalian mengalami
kejadian yang mengesankan, bukan? Ternyata kejadian mengesankan yang pernah
kalian alami, dapat kalian jadikan puisi yang indah. Coba kalian ingat kembali
peristiwamu yang mengesankan, data diksi yang sesuai, lalu susun menjadi
untaian puitis dan rangkailah kalimat-kalimat tersebut menjadi puisi. Nah,
itulah langkah-langkah menulis puisi berdasarkan peristiwa yang pernah dialami.
Lembar Kerja Siswa
4
Jawablah soal-soal berikut ini dengan baik dan benar!
a. Tulislah pengalamanmu yang mengesankan!
Jawab :
Pengalamanku yang Mengesankan
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
b. Tulislah puisi berdasarkan
pengalamanmu yang mengesankan!
Jawab:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
888 Casino NY (New York) - MapyRO
BalasHapusAddress. 3131 인천광역 출장샵 Stateline Road, New York, NY 13117, USA. 용인 출장안마 Phone. (212) 383-7877. 출장샵 Toll 전라북도 출장샵 Free. (1) 317-5000. Website. http://888casino.com/. 전라북도 출장안마